Saturday 4 August 2018

Prosedur Pelaksanaan Praktikum Tes Bakat

1. Memberikan Inform Concent
2. Prolog
3. Memberikan instruksi pada setiap subtesnya.
Deskripsi prosedur pada setiap subtes.

1. Tes Pemahaman (26 Soal)
Pada tes pemahaman, saya memberikan buku soal yang didalamnya ada lembar kerja. Saya mengatakan agar melihat lembar kerjanya terlebih dahulu. Saya memandu untuk mengisi identitas diri yang ada pada lembar kerja tersebut. Saya memande pengisian identitas diri dari nama sampai pada pendidikan terakhirnya. Setelah selesai mengisi identitas diri, saya memerintahkan untuk menggeser lembar jawabannya kesamping kanan testee dan kemudian mngatakan untuk membuka buku soal pada halaman pertama. Saya membacakan petunjuk pengerjaannya, dan menanyakan jawaban yang tepat pada contoh soal yang ada pada buku. Setelahs selesai saya memberikan cara mengoreksi jawabannya, dan melanjutkan pada contoh kedua. Dan setelah semua selesai, saya menanyakan apakah ada yang ingin testee tanyakan. Dan jika tidak ada, testee pun mulai mengerjakan tes dan saya memulai mengklik tombol start pada stopwatch. Setelah waktunya habis, saya mengatakan berhenti dan testee langsung berhenti mengerjakan tesnya, dan saya mengambil buku soal dan menyelipkan lembar jawabannya didalam buku tersebut dan meletakkannya dilaci sebelah kiri dan pada bagian bawah.

2. Tes Penalaran ( 50 Soal )
Pada tes ini, saya memberikan lembar jawaban terlebih dahulu. Saya mengatakan untuk memperhatikan lembar kerjanya, disana ada identitas diri dan saya memandu untuk pengisian identitas diri. Setelah selesai, saya menggeser lembar jawaban kesebelah kanan testee dan memberikan buku soal, dan mengatakan untuk membuka buku soal pada halaman pertama. Saya memulai menghitung waktunya saat pemberian intruksi, yaitu dimulai dari pembacaan petunjuk. Setelah selesai membacakan petunjuk, saya menayakan jawaban apa yang tepat dari contoh soal, dan setelah dijawab saya mengatakan ya benar. Dan saya juga membacakan alasan kenapa jawaban tersebut benar. Setelah kedua contoh saya bacakana, saya memberikan contoh untuk mengoreksi jawaban. Setelah semua selesai dan tidak ada yang ditanyakan, testee mulai mengerjakan tes. Setelah waktu sudah habis, saya mengatakan aba-aba berhenti dan testee tidak lagi mengerjakan tes. Dan saya mengambil buku soal dan lembar kerja dan memasukkannya kedalam laci meja.


3. Tes ruang bidang ( 40 Soal )
Pada tes ini, saa melakukan kesalah kembali.saya memberikan buku soal dan lembar jawaban sekaligus. Saya mengatakan agar testee melihat lembar jawabannya terlebih dahulu dan saya memandu pengisian identitas diri. Saya mulai menghidukan stopwatch pada pemberian intruksinya, yaitu pada saat mulai membacakan intruksi. Setelah selesai saya mengatakan untuk membuka buku soal halaman pertama dan membacakan petunjuk pengerjaannnya, saya menanyakan jawabab apa yang tepat dan memberikan alasan mengapa itu yang menjadi jawabannya. Saya memberikan kedua contohnya, dan setelah selesai saya langsung menyampaikan cara mengoreksinya dan lupa untuk memberikan 3 contoh yang lainnya. Dan akhirnya Ibu membantu saya menyampaikannya. Setelah selesai testee langsung megerjakan tesnya. Dan ketika waktu sudah habis, saya menyampaikan aba-aba berhenti dan testee langsung berhenti. Saya mengambil buku soal dan lembar jawaban dan kemudian meletakkannya didalam laci meja.

4. Tes berhitung (40 Soal)
Pada tes ini, saya memberikan lembar jawaban terlebih dahulu. Saya mengatakan untuk memperhatikan lembar kerjanya, disana ada identitas diri dan saya memandu untuk pengisian identitas diri. Setelah selesai, saya membacakan petunjuk pengerjaan tesnya, saya membacakan contohnya dan menanyakan jawaban apa yang tepat pada testee. Setelah kedua contoh dijawab dengan benar, saya mengatakan kepada testee untuk jangan memperhatiakn tanda nya cukup baca intruksi apa diatasnya, apakah dia menambah, mengurang, mengali atau membagi. Saya melakukan kesalahan kembali, saya lupa mengatakan agar testee bisa menggunakan space space pada lembar jawaban sebagai kertas buram, untung saja ibu langsung membantu saya. Setelah semua selesai, saya memberikan cara pengoreksian jawaban, saya memberikan dua contoh. Dan setelah selesai, testee mulai mengerjakan tesnya. Setelah waktu sudah habis, saya mengatakan aba-aba berhenti dan testee tidak lagi mengerjakan tes. Dan saya mengambil buku soal dan lembar kerja dan memasukkannya kedalam laci meja.

5. Tes Pengertian Mekanik (60 Soal)
Pada tes ini, saya memberikan lembar jawaban terlebih dahulu. Saya mengatakan untuk memperhatikan lembar kerjanya, disana ada identitas diri dan saya memandu untuk pengisian identitas diri. Setelah selesai, saya menggeser lembar jawaban kesebelah kanan testee dan memberikan buku soal, dan mengatakan untuk membuka buku soal pada halaman pertama. Saya membacakan petunjuk pengerjaannya dan saya melakukan kesalahan karena tidak menanyakan jawaban apa yang tepat, saya langsung membacakan contoh dan jawabannya beserta alasan mengapa itu yang menjadi jawabannya. Saya melakukan hal tersebut pada kedua contoh. Dan setelah selesai saya memberikan cara mengoreksi jawaban dan setelah testee mengerti, testee langsung mulai mengerjakan tesnya. Setelah waktu sudah habis, saya mengatakan aba-aba berhenti dan testee tidak lagi mengerjakan tes. Dan saya mengambil buku soal dan lembar kerja dan memasukkannya kedalam laci meja.

No comments:

loading...